PCIM Muhammadiyah Mesir - Persyarikatan Muhammadiyah

 PCIM Muhammadiyah Mesir
.: Home > Berita > PCI MUHAMMADIYAH MESIR ADAKAN TRAINING DASAR KAJIAN (TeDeKa) 2017

Homepage

PCI MUHAMMADIYAH MESIR ADAKAN TRAINING DASAR KAJIAN (TeDeKa) 2017

Kamis, 03-08-2017
Dibaca: 1433

PCI Muhammadiyah Mesir kembali mengadakan kegiatan Training Dasar Kajian pada hari Selasa dan Rabu, 1 dan 2 Agustus 2017, bertempat di Pasanggrahan Keluarga Mahasiswa Jawa Barat pada hari pertama dan di Markaz Dakwah PCIM Mesir pada hari kedua. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, bertujuan untuk mengembangkan intelektual kemahasiswaan. Alhamdulillah kegiatan berjalan baik dan lancar.

Kegiatan Training Dasar Kajian (TeDeKa) ini diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa Indonesia di Mesir. Dalam kegiatan ini diperkenalkan lebih jauh kajian-kajian unggul Muhammadiyah Center for Islamic Studies (MCIS) PCI Muhammadiyah Mesir yang merupakan salah satu sarana pergerakan dakwah dan keilmuan.

Pada hari Selasa, 1 Agustus 2017, acara diawali dengan sambutan ketua panitia, sdr. Muhammad Khadafi Mardani lalu dilanjutkan sambutan Ketua MCIS Mesir, Ustadz Aminullah Furqan, Lc.. Acara dilanjutkan dengan pengenalan kajian yang pertama yaitu kajian pemikiran islam atau yang bisa disebut juga dengan kajian Al Hikmah yang disampaikan oleh Ust. Fakhruddin Al-Brengkowi, Lc. Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan betapa pentingnya memiliki cara berpikir yang benar dan baik. Misalnya, memulai dengan bersimulasi kecil terhadap diri sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan kajian selanjutnya yaitu kajian ilmu Al Qur-an dan Tafsir, kajian Al Wasathiyah, yang disampaikan oleh Ust. Shibghatullah Ahmad, Lc.

Di hari selanjutnya, Rabu, 2 Agustus 2017 acara berlangsung di seketariat PCIM Mesir. Pada hari kedua acara di mulai dengan pengenalan terhadap PCI Muhammadiyah dan Aisyiyah Mesir oleh Ust. Rifqi Ar Riza, Lc. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kajian Ilmu Falak dan Astronomi (Kajian AFDA - Association of Falak Deep Analyst) yang disampaikan oleh Ust. Mush'ab Bahrah, Lc. Kajian AFDA ini merupakan satu-satunya kajian Ilmu Falak dan Astronomi yang ada di kalangan mahasiswa Mesir. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan kajian Ushul Fiqh (Kajian Ar Risalah) oleh Ust. Zaky Al Rasyid, Lc.

Sebagai wadah pergerakan Keilmuan dan Dakwah, MCIS PCIM Mesir mengajak para mahasiswa untuk memahami lebih luas fungsi utama sebuah Kajian, yang tak hanya menawarkan wawasan, tapi juga sarana untuk mengembangkan potensi besar seorang Cendekiawan Muslim Sejati.

“Misalnya, jika tujuan kita mencari kebenaran Tuhan. Ketahuilah, Allah tidak akan menyesatkan mereka—yang tulus mencariNya.” Tutur Ust. Fakhruddin Al-Brengkowi, Lc. saat menyampaikan pengantar kajian Al-Hikmah .

Acara ini diikuti oleh 45 Mahasiswa yang kemudian akan dibagi ke dalam empat kelompok kajian (Al Hikmah/Pemikiran Islam, Ar Risalah /Ushul Fikih, AFDA /Falak dan Al Wasathiyah /Ulumul Qur'an). Follow up masing-masing kajian akan dimulai pada pertengahan bulan agustus 2017 yang kemudian akan membahas tema sesuai dengan silabus tiap kajian selama kurang lebih dua tahun. [] 

 

 

 


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website